Use Case Diagram Sistem Toko

By RiyanRIS → Sabtu, 21 Januari 2017
Use Case Diagram Toko
Use Case Diagram Toko

Seperti yang kita ketahui bahwa Use case menggambarkan proses sistem (kebutuhan sistem dari sudut pandang user) Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”.

Normalnya Use Case Diagram terdiri dari Use Case, Actor dan Relationship. 

Use Case diberi nama sesuai dengan interaksi apa yang dihasilkan dari actor, biasanya menggunakan kata kerja dan terdiri dari beberapa kata. Tidak boleh ada 2 Use Case dengan nama sama.

Actor menggambarkan orang, system atau exsternal entitas yang menyediakan atau menerima informasi dari sistem yang kita buat. Actor menggambarkan tugas bukan jabatan, inilah yang sering disalah artikan oleh teman teman programer. Actor "time" mengindikasikan bahwa use case yang dilakukan secara terjadwal dan terjadi secara periodik(mingguan/bulanan). 

Association digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat dalam use case.

Use case diagram toko adalah sebuah sistem yang kita buat sebelum membuat sebuah program penjualan disebuah toko. Disini saya membuat project Sistem toko offline. Dimana cerita ringkas tentang sistem saya kurang lebih seperti ini
Supliyer Menyediakan barang kepada pemilik toko dan pemilik toko mengecek stock  barang. Karyawan bagian penjualan mengeluarkan dan menata barang. Pembeli datang dan melakukan pembelian dengan mengambil barang dan menyerahkan kepada kasir lalu oleh kasir dicatat dan pembeli membayar tagihan, setelah itu kasir memberi nota kepada karyawan bagian penjualan untuk memberikan barang kepada pembeli tadi. setelah toko tutup, karyawan bagian penjualan mengecheck kembali stock barang dan dilaporkan kepada pemilik toko lalu kasir menyerahkan catatan transaksi selama sehari kepada pemilik toko.
Dan Hasil Use Case Diagram nya kurang lebih seperti ini.
Use Case Diagram Toko
Use Case Diagram Toko

Saya membuat 5 actor dan 6 Use Case. Actor karyawan melakukan interaksi berupa menyediakan barang, mengecheck stock barang, memberi rekapan transaksi kepada pemilik toko dan melayani proses pembayaran dengan pembeli. Setelah proses pembayaran, pembeli akan mendapatkan nota. Actor Pemilik toko berinteraksi dengan sistem berupa memasok stock dari supliyer dan menerima rekapan transaksi. Terdapat actor Time yang menandakan use case memberi rekapan transaksi dan pengecekan stock akan dilakukan secara periodik.

Sekian Penjelasan dan Contoh Use Case Diagram Toko yang saya berikan. Untuk skenario dan diagram activity segera menyusul.


No Comment to " Use Case Diagram Sistem Toko "