Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web

By RiyanRIS → Senin, 25 Juli 2016
Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web

Menjadi seorang programer tentunya harus mengetahui dasar dasar dari sebuah program. Salah satunya adalah bagaimana program itu dibuat, dan alat yang pendukung dalam pembuatan sebuah program. Dan dalam kesempatan kali ini saya akan bahas tentang text editor terbaik untuk pemrograman web.
Sebenarnya ada software bawaan dari Windows yang bisa digunakan untuk menulis program web, yaitu Notepad. Notepad sudah aja sejak Windows 1.0 pada tahun 1985, dan tetap di ikut sertakan dalam generasi penerus windows hingga saat ini. Tampilan notepad sangat simple sehingga susah membedakan antara kode sumber dengan element. Untuk itu notepad tidak saya masukkan sebagai Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web. Namun notepad sangat membantu dalam mencatat catatan kecil.
Kembali ke topik text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web. Berikut 3 Text Editor rekomdasi dari saya bagi anda yang suka dengan aktivitas coding.

1. Notepad ++
Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman. Selain Untuk Html dan Css, Notepad ++ juga mendukung bahasa pemrograman lainya seperti C, C++, C#, Java, Javascript sampai Xml.
Kelebihan dari Text Editor yang satu ini adalah Ringan, kecil, powerfull, terdapat bahasa Indonesia dan Gratis tentunya. Text Editor inilah yang di rekomendasikan guru pemrograman Web saya. Sejak tulisan ini dibuat Versi terbaru dari notepad ++ adalah v6.9.2(4mb) dan anda dapat mendownloadnya disini.

2. Atom
Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web

Atom adalah sebuah text editor yang memiliki lisensi open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file configurasinya. Text editor yang ini mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti Javascript, Coffeescript, Ruby, PHP, Phyton, hingga Java.
Kelebihan dari text editor yang satu ini terdapat beberapa plugins yang dapat membantu pekerjaan anda. Diantaranya adalah Linter, Atom Beautify, Autocomplete+, Emmet dan Git plus. Melihat kemewahan text editor yang ini berdampak pada ukuranya yang lumayan besar menurut saya. Ukuran dari text editor ini sekitar 105mb dan anda dapat mengunduhnya di laman resmi atom. Atau klik disini.

3. Sublime Text
Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web

Sublime Text adalah salah satu text editor terbaik yang digunakan oleh banyak programer khususnya para web developer. Dan text editor ini lah yang saya gunakan. Bisa jadi Sublime adalah senjata keseharian para web developer. Walaupun berbayar anda tetap dapat menggunakan ini tanpa membayarnya.
Kelebihan dari text editor yang satu ini antara lain Find in Project.  Kelebihan sublime yang satu ini sangat membantu karena kita tidak perlu pusing saat ingin mencari file saat kita sedang mengerjakan sebuah project tanpa menutup project tersebut.
Kelebihan lainya adalah Multiple Selection, kelebihan ini berguna saat kita ingin merubah banyak text sekaligus. Dengan fitur ini, kita tidak perlu merubahnya satu persatu. Tinggal Klik text yang mau dirubah dan tahan tombol Ctrl, Beres.
Kelebihan yang paling sering digunakan dan paling membantu adalah fitur Emmet. Yaitu fitur auto complete yang ada hanya di sublime saja. Saat kita mengetik html lalu pencet tombol tab maka otomatis akan muncul element wajib dalam tag html tanpa susah susah mengetiknya.
Sublime juga mendukung banyak bahasa. Antara lain Css, C++, C, Php, Phyton,Java, Javascript, Xml dan masih banyak lagi. Dari segi ukuran sublime sangat ramping. Sekitar 8mb saja dengan fitur hampir sama dengan Atom. Anda dapat download text editor ini disini.

4 komentar to ''Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web"

ADD COMMENT
  1. Informasi yang sangat berguna sekali. Terima kasih yah Bos

    pokerv99

    BalasHapus
  2. SAYA ARYALDI JEPRIAN HASYIM 1822500103 MAHASISWA STMIK ATMA LUHUR BERTERIMA KASIH UNTUK INFO TENTANG HTML JADI SAYA BISA MENGERJAKAN TUGAS YANG DI KASIH DOSEN DAN WEBSITE KAMPUS SAYA http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. terima kasih ya L, sekarang saya jadi tau apa itu text editor dan saya bisa mengerjakan tugas yang di berikan,1822500165 IRENA FINARTI PUTRI https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/irenaputri/beranda dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. terima kasih ya L, sekarang saya jadi tau apa itu text editor dan saya bisa mengerjakan tugas yang di berikan,1822500179 RHEVHANS LHOSI AWASHA https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/rhevhans/beranda dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus