Pengertian Program Pemrograman dan Programer

By RiyanRIS → Senin, 25 Juli 2016
http://programer-junior4.blogspot.com/2016/07/pengertian-program-pemrograman-dan.html


Pertama masuk kelas rpl pertanyaan pertama yang di lontarkan guru pemrograman saya adalah apa itu program.? apa bedanya dengan pemrograman dan apa hubungannya dengan programer.?
Ya, saat itu memang teman saya berhasil menjawabnya. Namun guru saya tersenyum manja tanpa memberi penjelasan tentang benar atau tidaknya jawaban teman saya dan kami disuruh mencari arti dari kata kata tersebut sebagai pekerjaan rumah dan hingga sekarang belum saya kerjakan. // mungkin guru saya lupa.

Program
Program Komputere

Apa itu program? menurut kamus wikipedia program adalah melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. tanpa sebuah program komputerpun akan kehilangan fungsinya, program ibarat nyawa bagi komputer itu sendiri. Program berisi serangkaian instruksi intruksi untuk menjalankan fungsi tertentu didalam komputer. lalu apa hubunganya dengan pemrograman komputer.?

Pemrograman
Pemrograman Komputer

Pemrograman Komputer adalah suatu proses iteratif penulisan dan penyuntingan kode sumber sehingga membentuk sebuah program. Jadi, pemrograman adalah proses pembuatan sebuah program. pembuatan sebuah program sendiri meliputi pengetesan, analisa, pembetulan kesalahan, pengoptimasian algoritma, normalisasi kode dan kadang kadang pengkoordinasian antara programer jika sebuah program dikerjakan oleh lebih dari satu programer.

Programer
Programer Komputer

Sekarang kita masuk pada topik yang ketiga yaitu programer. Apa itu programer.? Apa hubunganya dengan kedua topik di atas.? akan saya jelaskan satu persatu.
Programer adalah seorang praktisi yang memiliki keahlian untuk melakukan penulisan kode dalam bahasa pemrograman.
Programer berperan sebagai subjek dan program adalah objeknya. Sehingga seorang programer lah yang menulis kode program dan proses penulisan kode program inilah yang disebut pemrograman.

Sedikit tambahan. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah sebuah jurusan/disiplin ilmu di sekolah menengah kejuruan yang mempelajari tentang pembuatan program aplikasi dan kode program lainya seperti html dan css. Sehingga seorang programer kebanyakan lulusan rpl di smk, selain itu kemampuan seorang programer juga bisa didapat dari belajar secara otodidak mengenai kode program.

2 komentar to ''Pengertian Program Pemrograman dan Programer"

ADD COMMENT