Memahami Konsep Relasi Many To One dan One To Many

By RiyanRIS → Sabtu, 16 Maret 2019
Dalam konsep basis data, antara entitas bisa saja saling terkait. Itu dinamakan kardinalitas pemetaan atau rasio kardinalitas, menunjukkan jumlah entiti yang dihunungkan ke satu entity lain dengan suatu relationship sets(sekumpulan relasi yang mempunyai tipe yang sama). Ada 4 istilah hubungan antara entitas
1. ONE TO ONE
Satu entity A dihubungkan dengan maksimal satu entity B.
2. MANY TO MANY
Sejumlah entity dalam A dihubungkan dengan beberapa entity B.
..kurasa disini belum menjumpai kesulitan.

3. ONE TO MANY
Satu entity A dihubungkan dengan beberapa entity B, dan entity B dihubungkan dengan maksimum satu entity A.
4. MANY TO ONE
Sejumlah entity A dihubungkan dengan satu entity B dan entity B dihubungkan dengan beberapa entitiy A.
..nah disini aku biasa terjadi kebimbangan sesaat. kali ini aku catat agar tidak lupa.

Oke, semisal kita ambil contoh ada entity jurusan dan mahasiswa. Jika pertanyaanya adalah hubungan antara jurusan dan mahasiswa, maka jawabanya ONE TO MANY. Namun jika pertanyaanya dibalik menjadi hubungan antara mahasiswa dan jurusan, maka jawabanya MANY TO ONE.

Kenapa jurusan dan mahasiswa itu one to many. Karena satu jurusan dapat diambil oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswa hanya dapat memilih satu jurusan. Disini entitas jurusan diibaratkan sebagai entitas A dan entitas mahasiswa diibaratkan sebagai entitas B. maka yang cocok dengan definisi diatas adalah one to many.

Lalu kenapa mahasiswa dan jurusan itu many to one. Karena beberapa mahasiswa dapat memilih hanya satu jurusan dan satu jurusan dapat dipilih oleh beberapa mahasiswa. Entitas mahasiswa diibaratkan sebagai entitas A dan jurusan diibaratkan sebagai entitas B maka yang cocok dengan definisi diatas adalah many to one.

Jika mahasiswa dapat memilih banyak jurusan dan jurusan dapat dipilih oleh banyak mahasiswa, maka hubungan yang cocok adalah many to many. Begitupun jika mahasiswa memilih satu jurusan dan jurusan hanya boleh dipilih satu mahasiswa maka hubungan yang cocok adalah one to one.

No Comment to " Memahami Konsep Relasi Many To One dan One To Many "