CRUD Ajax Tanpa Reload Page Sederhana

By RiyanRIS → Selasa, 11 September 2018
Sebenarnya aku kenal ajax udah lama, namun aku baru sadar dengan kehebatan ajax ini. Dimana aku bisa berkomunikasi dengan database(CRUD) tanpa mereload page sehingga efisiensi waktu dan paket data.

Aku bisa mengatakan efisiensi waktu karena setiap user menginput atau mengubah maka hanya data yang bersangkutan saja yang akan dikirm dan diterima. JIka menggunakan cara konvensional setiap kali melakukan input atau ubah maka akan mereload semua element htmlnya sehingga menguras paket data.

Disini aku menggunakan json untuk mengirim dan menerima data. Untuk back end nya tetap menggunakan php. Bahasa pemrograman gratis kesukaan banyak orang.

Pertama buat database dengan contoh nama databasenya 'hutang' dan table 'test' yang memiliki atribut 'nama' dan 'umur'. Seperti contoh dibawah.

CREATE TABLE `test` (

  `nama` varchar(32) NOT NULL,

  `umur` int(11) NOT NULL

) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;
 
Setelah itu kita buat file indexnya.



Setelah itu baru ke logicnya ada di Script.


Dan untuk backendnya cukup simple.




Nah, ini ku catat dalam blogku supaya nanti kalo aku butuh bisa membukanya lagi. Aku tidak akan menjelaskan satu demi satu kode programnya karena disini ku khususkan untuk pembaca yang sudah mulai mengenal crud dasar. Hanya berbeda pada logika javascriptnya saja.

Full code download disini.




1 komentar to ''CRUD Ajax Tanpa Reload Page Sederhana"

ADD COMMENT