Lakukan Ini Setelah Pindah ke Ubuntu

By RiyanRIS → Sabtu, 21 Juli 2018

Ubuntu adalah salah satu distro linux berbasis debian yang sekarang ini paling banyak diminati. selain tergolong sebagai linux user friendly ubuntu juga memiliki banyak fitur unggulan dari distro linux lainya.

Salah satu keunggulan distro ini adalah jika anda awam dalam dunia linux, mencoba ubuntu adalah keputusan terbaik karena pengoperasianya yang cukup mudah dan tidak terlalu 'njlimet'. Bisa dibilang sebagai gerbang awal untuk mengenal linux.

Tampilan Desktop Ubuntu
Tampilan Desktop Ubuntu
Namun disini saya tidak menjelaskan cara menginstall ubuntu, karena sudah banyak tutorialnya dan prosesnya pun cukup mudah dalam penginstalanya. Mungkin yang sedikit membingungkan adalah pengaturan partisi linux yang akan saya bahas di lain artikel.

Disini saya menulis kebiasaan saya setelah pindah ke ubuntu, apa saja sih yang harus disetting dan diinstall.? karena saya suka dengan pemrograman web, maka settingan dan aplikasi yang akan saya install tidak akan jauh-jauh dari kebutuhan saya sebagai programer.

Pertama, tentunya saya akan membuka terminal (ctrl+alt+T) dan mengetikkan "sudo apt-get update" dan "sudo apt-get upgrade".

Tujuanya adalah memperbarui paket yang telah ada didalam sistem. Karena pertama kali mengupdate paket maka jangan heran jika responya akan cukup lama, apalagi jika menggunakan koneksi yang kurang lancar.

Update Sistem di Linux Ubuntu
Update Sistem di Linux Ubuntu
Kedua, menghapus aplikasi bawaan yang kurang bermanfaat adalah hal yang saya lakukan saat menunggu selesainya update. Aplikasi bawaan tersebut semisal game dan beberapa aplikasi asing yang jarang saya gunakan. Namun, jangan asal remove, lebih baik browsing dulu kegunaan aplikasi tersebut dan cari tahu apakah aman jika di remove.

Menghapus Aplikasi yang tidak perlu di Linux
Menghapus Aplikasi yang tidak perlu di Linux
Ketiga, sambil menunggu update selesai. Ubah beberapa settingan yang diperlukan. bisanya sih tentang suspend berapa lama, lalu ukuran icon di dock, ganti background, mendisable notification, mentautkan akun google di browser, dan settingan lainya yang sekiranya diperlukan.

Pengaturan di Linux Ubuntu
Pengaturan di Linux Ubuntu
Keempat, membuat folder sharing yang bisa diakses satu jaringan. Bagi saya folder sharing ini penting karena memudahkan saya mengirim atau menerima file antar komputer atau android.

Caranya adalah install phyton v7 lalu install samba. Setelah kedua peket tersebut terinstall lalu setting samba agar bisa terhubung dengan jaringan dan setting juga sharing typenya, guest mode atau user mode. Kalo sudah, restart samba. cukup 'njlimet' kan.? itu cara didistro lain, hehehe...
Samba Share di Linux
Samba Share di Linux
Kalau di ubuntu kita tidak perlu susah susah melakukan hal tersebut, install ini install itu ubah ini ubah itu 'ruwet' lah. Ubuntu sudah memberikan fitur sharing folder dan jika belum menginstall paket yang dibutuhkan maka akan otomatis diinstallkan oleh sistem kita hanya menunggu sistem bekerja saja. ini adalah salah satu keungguln ubuntu yang saya bahas tadi diatas.

Membuat sharing folder di ubuntu sangatlah mudah. Anda tinggal buat folder baru lalu klik kanan dan pilih properties lalu pilih tab network share dan klik button share. 

Membuat Folder Sharing di Linux
Membuat Folder Sharing di Linux

Kelima, install xampp, sublime dan xdm-download. Ketiga aplikasi ini bagi saya adalah aplikasi wajib karena hampir setiap saya buka laptop selalu menggunakan aplikasi tersebut.

Cara menginstall xdm
1. Buka "http://xdman.sourceforge.net/" dan download filenya.
2. Extrak file .tar nya.
3. Buka diterminal folder extrakanya lalu ketikkan "chmod +x install.sh".
4. Dan eksekusi dengan perintah "sudo ./install.sh".

Halaman Download Xdm-Downloader for Linux
Halaman Download Xdm-Downloader for Linux

Perintah Menginstall xdm-downloader di Linux
Perintah Menginstall xdm-downloader di Linux

Cara menginstall xampp
1. Buka "https://www.apachefriends.org/download.html" dan download sesuai kebutuhan.
2. Buka terminal di folder tempat filenya lalu jalankan perintah "sudo chmod +x namafile.run".
3. Setelah itu eksekusi dengan perintah "sudo ./namafile.run"
4. Install xampp seperti biasa.
5. Jika sudah terinstall jangan lupa buka folder /opt/lampp lalu buka terminal dan ketikkan "sudo chmod -R 777".

Halaman Download Xampp for Linux
Halaman Download Xampp for Linux

Perintah menginstall Xampp di Linux
Perintah menginstall Xampp di Linux

Cara menginstall sublime text
1. Buka terminal di download.
2. Ketikkan perintah "wget https://download.sublimetext.com/sublime-text_build-3103_amd64.deb"
3. Eksekusi dengan perintah "sudo dpkg -i sublime-text_build-3103_amd64.deb".

Setelah menginstall sublime jangan lupa menambah plugins yang sekiranya diperlukan. Anda dapat membaca artikel saya mengenai Plugins Sublime Paling Bermanfaat Untuk Programing di blog ini.

Keenam, percantik tampilan desktop dengan unity tweak tools. Tutorial installnya bisa browsing karena cukup mudah. Bisa juga menginstall lewat software center ubuntu. Saya biasanya menginstall tema Arch Theme.
Perintah Menginstall Unity Tweak Tool di LInux
Perintah Menginstall Unity Tweak Tool di LInux
Sedangkan, untuk membuka vidio, foto dan music saya menggunakan aplikasi bawaan dari ubuntu karena menurut saya aplikasi bawaan tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan saya. Untuk aplikasi kantor, saya menggunakan libre office dan biasanya sudah satu paket dengan ubuntu.

Itulah kebiasaan yang saya lakukan setelah menginstall ubuntu. Saya tulis di sini supaya tidak perlu browsing-browsing lagi sehingga memudahkan saya. Dan anda dapat memberi saran atau pertanyaan dikolom komentar jika ada yang kurang paham atau ada pertanyaan mengenai topik ini.

No Comment to " Lakukan Ini Setelah Pindah ke Ubuntu "